Puluhan Perwakilan PKBM di Pasangkayu Ikuti Pelatihan Tutor Keaksaraan

Pasangkayu, 50detik.com- Sebanyak 40an perwakilan Pusat Kegiatan  Belajar Masyarakat (PKBM) mengikuti Pelatihan Tutor Keaksaraan di salah Hotel di Kabupaten Pasangkayu.

Pelatihan Tutor Keaksaraan ini diinisiasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mitra Edukasi (LPP-ME) bekerjasama dengan Bidang Paudni, Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Pasangkasu berlansung selama 3 hari yang hari ini sudah ditutup

Menurut, Budiman Jaya Ashari selaku Direktur LPP-ME mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tutor khususnya tutor keaksaraan. Dalam hal ini kemampuan mengajar, pendekatan n model pembelajaran bagi Masyarakat yang belum melek Aksara, di usia  15 sampai 59 tahun.

“Mengajar orang diusia ini sangat sulit dihadapi sehingga diperlukan pembekalan terlebih dahulu buat para pengajar yang akan mengadapi para Warga belajar keakraaan di daerahnya” Katanya

Budiman berharap dengan kegiatan tutor ini teman-teman punya kemampuan untuk mengelolah pembelajaran di daerahnya masing-masing buat warga belajar program keaksaraan.

Selian itu, untuk pengelolah PKBM bagaimana bisa memikirkan potensi yang ada di tutor ini. Sehingga pendidikan Non-formal  tidak lagi dianggap sebagai pelengkap, Pengganti dari Pendidikan Formal,namun diharapkan pendidikan non formal dan pendidikan formal ini menjadi setara sebagaimana pendidikan pada umumnya.

Ia juga menilai munculnya penilaian pendidikan non-formal ini diannggap kurang, karena sulitnya tenaga pengajar yang biasanya asal copot tampa melihat latar belakang pendidikan.

“Inilah perlunya diberikan pelatihan tutor keaksaraan agar para tenaga pengajar nantinya benar-benar memiliki kemampuan mengajar” Ucapnya.

Darmawan/50detik.com

Rian Hidayat Kotae

Saya saat ini berkuliah di UNTAD, jurusan Pendidikan MIPA, Prodi Pendidikan Kimia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *